www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pelabuhan Tana Merah Adonara-Flotim Makin Ramai! Fasilitas ...

Posted by On 12:05 AM

Pelabuhan Tana Merah Adonara-Flotim Makin Ramai! Fasilitas ...

Berita Flores Timur

Pelabuhan Tana Merah Adonara-Flotim Makin Ramai! Fasilitas Pelabuhan Malah Rusak

Ada dua pelabuhan penyeberangan yang utama dari Larantuka dan Adonara. Di Kota Larantuka ada penyeberangan dari Pante Palo dan

Pelabuhan Tana Merah Adonara-Flotim Makin Ramai! Fasilitas Pelabuhan Malah RusakPOS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGUPelabuhan Tana Merah - Inilah kondisi Pelabuhan Tana Merah Kecamatan Adonara Barat Flores Timur diabadikan POS-KUPANG.COM Selasa (30/10/2018).

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, FELIKS JANGGU

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA- Moda transportasi utama untuk penyeberangan antar pulau dari Larantuka ke Adonara Flotim sebagian besar masih menggunakan kapal-kapal kecil.

Ada dua pelabuhan penyeberangan yang utama dari Larantuka dan Adonara. Di Kota Larantuka ada penyeberangan dari Pante Palo dan Pelabuhan Laut Larantuka.

Baca: Honor 525 Tenaga Kontrak Belum Dibayar ! Ini Komentar Kepala Dinas PKO TTU

Di Pulau Adonara ada Tobilota dan Tanah Merah. Dua pelabuhan kecil seperti Wailebe dan Wureh meski ada tidak se-ramai dua pelabuhan itu.

Rute Pelabuhan Pante Paloh di Larantuka akan menyeberang menuju Pante Tana Merah di Adonara Barat. Rute ini termasuk pelabuhan yang cukup ramai.

Sebab sebagian ASN asal Adonara Barat yang bertugas di kantor-kantor pemerintahan di Kota Larantuka memilih menyeberang daripada harus tinggao di kos-kosan di Kota Larantuka.

Meski Pelabuhan Tana Merah begitu ramai, fasilitas pelabuhan sangat memprihatinkan. Tembok pelabuhan sebagian sudah roboh dan kondisi ini ternya sudah lama.

Beruntung karena kapal-kapal kecil, saat menaikan dan menurunkan penumpang, kapal masih bisa bersandar langsung di pasir di samping pelabuhan.

Selain sebagai arus keluar masuk manusia dari Adonara, ternyata pelabuhan ini juga menjadi pelabuhan sangat strategis untuk memuat komoditi Jambu Mente dari Pulau Adonara ke Larantuka.

"Om mau Foto pelabuhan itu untuk apa? Percuma le om, itu sudah lama tapi tidak mungkin diperbaiki lagi," celetuk warga kepada POS-KUPANG.COM Selasa (30/10/2018).

Biaya penyeberangan Pante Tana Merah ke Pante Paloh per penumpang tanpa motor Rp.5000. Kalau dengan motor Rp.20.000.

Tetapi terkadang ada pemilik kapal yang memungut Rp.25.000 per penumpang dengan motornya. (*)

Penulis: Felix Janggu Editor: Ferry Ndoen Sumber: Pos Kupang Ikuti kami di Video PilihanSumber: Google News | Liputan 24 Tanah Merah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »