GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

KPU Biak Numfor Minta Masyarakat Cek DPT Pemilu 2019

KPU Biak Numfor Minta Masyarakat Cek DPT Pemilu 2019

Liputan6.com, Biak Numfor - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan data pemilih tetap (DPT) melalui situs resmi…

KPU Biak Numfor Minta Masyarakat Cek DPT Pemilu 2019

Liputan6.com, Biak Numfor - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan data pemilih tetap (DPT) melalui situs resmi KPU http://sidalih3.kpu.go.id.

"Situs ini berisi seluruh data pemilih seluruh kabupaten/kota di Indonesia, ya ini salah satu kemudahan warga Biak untuk memastikan namanya sudah terdaftar atau belum dalam daftar pemilih tetap," ujar Ketua KPU Biak Jackson S.Maryen, seperti dilansir Antara, Kamis (25/10/2018).

  • Panitia Pemilu Harap Masyarakat Proaktif saat Pendataan
  • Pemilih Tambahan Pemilu 2019 di Konawe Bertambah Puluhan Ribu
  • Logistik Pemilu 2019 Sudah Mulai Tiba di Kaltim

Menurutnya, masyarakat diajak ikut berpartisipasi untuk Pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang.

Untuk itu, kata Jackson, apabila terdapat masyarakat yang sudah meme nuhi syarat berusia 17 tahun atau pensiunan TNI/Polri yang belum terdaftar sebagai pemilih tetap diharapkan dapat melapor.

Ia meminta mereka melapor kepada Panitia Pemilihan Distrik (PPD) di setiap distrik dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berada di kampung dan kelurahan dengan membawa Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP.

"Nantinya, pada saat Pemilu 17 April 2019 nama pemilih tetap yang sudah terdaftar dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP elektronik di tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan alamat yang tertera di KTP," ucap Jackson.

Dia memaparkan, dalam pengecekan nama pemilih tetap bisa dilakukan dengan dua cara yakni pertama, datang langsung ke kantor desa/kelurahan domisili dan petugas akan membantu pemilih untuk mengecek keterdaftaran mereka dalam DPT.

"Sedangkan cara kedua, melalui portal resmi KPU https://sidalih3.kpu.go id dan ketentuan cara kedua pemilih tak perlu datang ke kantor des a/kelurahan cukup dengan menggunakan ponsel dan jaringan internet mengecek di http://sidalih3.kpu.go.id," jelas Jackson.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pihak kubu Prabowo-Sandiaga Uno meminta KPU agar mengusut adanya temuan 25 juta daftar pemilih tetap ganda.

2 dari 2 halaman

Minta Kampanye Cerdas

Gerakan Melindungi Hak Pilih
Warga mengecek namanya dalam DPT Pemilu 2019 di pos pendaftaran di kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Pendaftaran ini dibuka hingga 28 Oktober dengan syarat membawa fotocopy e-KTP dan Kartu Keluarga. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengajak warganya dan politikus caleg parpol untuk mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Serentak 2019 dengan aman, damai, dan demokrasi di setiap TPS setempat.

"Untuk para caleg parpol yang kini bersaing dalam Pemilu 2019 harus mampu melakukan kampanye yang cerdas dengan menyampaikan program dan visi misi caleg sehingga dapat menjadi reprensi warga dalam menentukan pilihannya," kata Herry.

Saat ini, sebanyak 398 caleg tetap dari 16 parpol peserta Pemilu 2019 mulai gencar melakukan sosialisasi menemui konstituen dan memasang baliho, spanduk, sticker, dan brosur kartu nama untuk menarik simpatik pemilih di Biak Numfor.

Sumber: Google News | Liputan 24 Biak

No comments