www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pemkab Sarmi Belajar ke Dispenduk Capil Kota Malang

Posted by On 8:27 PM

Pemkab Sarmi Belajar ke Dispenduk Capil Kota Malang

class="eliadunit">
MALANG - Problematika administrasi kependudukan tiap daerah memiliki permasalahan masing-masing. Hal itu menjadi salah satu alasan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua belajar ke Kota Malang. Pelayanan dengan sistem jemput bola menjadi salah satu solusinya untuk diterapkan di Sarmi.
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sarmi Provinsi Papua Drs Ec Marselus Imbiri M.Si menegaskan, pelayanan yang dilakukan di Kota Malang akan menjadi barang berharga untuk nanti dibawa pulang ke Kabupaten Sarmi.
“Kami memang mau lihat semuanya, mulai dari sistem pelayanannya di loket-loket sampai bagaimana mereka disini jemput bola,” papar Marselus saat ditemui dalam kunjungannya ke Kantor Dispendukcapil Kota Malang, awal pekan ini.
Marselus sempat mendiskusikan sistem jemput bola yang dilakukan di Kota Malang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Di tiap distrik di Kabupaten Sarmi sudah ditempatkan petugas administrasi kependudukan untuk mempermudah layanan seperti yang dilakukan di Kota Malang di tiap kantor kecamatannya. Hanya saja antusiasme belum meningkat secara signifikan.
“Dari sini (Dispendukcapil Kota Malang,red) kami perhatikan ada mobil kelilingnya. Ini yang akan kita bawa karena menurut kami ini yang paling memungkinkan. Karena di kabupaten kami dari satu tempat ke tempat lain medannya jauh-jauh,” papar mantan Kadis Kominfo Kabupaten Sarmi ini. class="eliadunit"> Tidak hanya itu, Marselus juga mengatakan akan meniru cara-cara pelayanan lainnya seperti memanfaatkan teknologi berbasis online. Meskipun membutuhkan perencanaan dan anggaran besar, hal ini akan dipikirkan lebih dalam untuk dapat dilaksanakan dalam jangka kedepan.
Marselus mengakui pula sistem pelayanan di kantor Dispenduk capil Kota Malang yang akan ditiru adalah bagaimana sosialisasi harus terus digalakan. Dimanapun, khususnya ke instansi-instansi terkait seperti sekolah untuk menarik penertiban administrasi penduduk pemula.
“Layanan juga diefektifkan seperti ketika mengurus akta kelahiran, KIA juga bisa diurus langsung dan sebagainya,” pungkasnya.
Kepala Bidang Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan Ronaldy Irfak ST menambahkan, kedatangan pihaknya ke Kota Malang memang menjadi sebuah titik balik. Pemkab Sarmi memang hendak melakukan inovasi baru untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar tertib administrasi kependudukan.
“Kami akan mengadopsi, meniru dan menerapkannya setelah ini. Sistem pelayanan 3 in 1 sampai mobil kependudukan yang bisa kita tiru,” pungkasnya.
Sementara itu Sekretaris Dispendukcapil Kota Malang Slamet Utomo menyampaikan apresiasinya terhadap kunjungan Pemkab Sarmi Provinsi Papua. Dan mengatakan pelayanan dan inovasi yang diterapkan di Kota Ma lang memang diharapkan dapat membantu daerah lain untuk mengatasi problematika administrasi kependudukan. (ica/red/aim)Sumber: Google News | Liputan 24 Sarmi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »