www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Korem 172/PWY Bantu Pembangunan Fisik di Kabupaten Yalimo

Posted by On 8:18 PM

Korem 172/PWY Bantu Pembangunan Fisik di Kabupaten Yalimo

Home > Daerah > Korem 172/PWY Bantu Pembangunan Fisik di Kabupaten Yalimo Korem 172/PWY Bantu Pembangunan Fisik di Kabupaten Yalimo

Odeodata H Julia 10 hours ago Daerah 10 Views

Caption foto : Anggota Korem 172/PWY sedang memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan di Kabupaten Yalimo

JAYAPURA (Bisnis Papua) -Anggota Korem 172/PWY tepatnya di Kodim 1702/Jayawijaya melakukan operasi Bhakti TNI selama 17 hari di Kabupaten Yalimo.
Kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan secara bersama -sama dengan pemerintah daerah dan juga masyarakat di kampung Pihel Distrik Elelim yakni, pembangunan jembatan kayu di Kampung Hoik yang menghubungkan Distrik Elelim dan Distrik Apalapsili. Jumat ( 27/7/2018).

Selain itu dilakukan juga pembangunan MCK umum sebanyak 2 Unit di wilayah Distrik Elelim, dan pembangunan PLTS tersebar dan lampu jalan di kampung Suwelle dan 2 kampung di sekitarnya.
Sedangkan untuk pembangunan non fisik yang

dilakukan yakni, memberikan penyuluhan Wawasan kebangsaan dengan sasaran siswa di sekolah, kesehatan, Hukum, dan pertanian yang bertujuan untuk menanamkan semangat jiwa nasionalisme cinta tanah air dan rela berkorban demi kedaulatan NKRI, membangun pola hidup sehat masyarakat,serta memberikan pemahaman kesadaran hukum bagi warga negara Indonesia yang taat akan hukum dan meningkatkan pengetahuan tentang pertanian dalam menunjang perekonomian rakyat.

Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan Operasi Teritorial ini merupakan bagian dari program TNI dalam upaya percepatan pembangunan wilayah yang tahun ini ditempatkan sasarannya di Kab. Yalimo.
“Dari kegiatan Operasi Teritorial Korem 172/PWY, Satgas Opster bersama Pemda Yalimo membangun sasaran tambahan berupa barak keluarga Pos Koramil 4 pintu dan sejumlah kandang babi,”terangnya.

Diakuinya pembangunan yang dilakukan selama ini belum maksimal, dikarenakan posisi wilayah Yalimo masih terkendala transportasi darat maupun udara, sehingga menghambat proses pembangunan yang diprogramkan oleh pemerintah daerah.
“Nah faktor medan yang tidak sepenuhnya dalam kondisi baik terutama disasaran pembangunan Intek 1 dan 2 dimana untuk mencapai sumber air lereng gunung harus menggunakan tenaga manusia secara manual melalui pengangkutan material Pasir, semen, besi beton dan batu kali sehingga berpengaruh pada pembengkakan biaya dan waktu,”bebernya.
Demikian pula halnya pada pembangunan jembatan kayu di Kampung Hoik, telah mencapai 48% pengerjaannya walaupun kondisi jembatan sebelumnya hancur total karena faktor hujan dan banjir sehingga akses jalan masyarakat yang menggunakan roda dua dan roda empat terham bat bahkan tidak dapat dilewati.
“Pembangunan intake air 1 dan 2 dilakukan karena kondisinya rusak berat tertimbun material batu kerikil gunung, serta tanggul di lantai sedimentasi hancur dan jebol, sehingga bronjong penahan tanggul hanyut terkena longsor yang mengakibatkan bak penampungan air tertimbun lumpur. Meskipun dihadapkan dengan kondisi yang demikian, pembangunan intake 1 dan 2 di Distrik Elelim sudah mencapai hasil 40% dalam pengerjaaannya,”paparnya.
Untuk itu Danrem mengharapkan pembangunan yang sedang dikerjakan dapat terlaksana dengan baik, sehingga berguna untuk menampung 4 anggota keluarga Pos Koramil serta terwujudnya percontohan peternakan babi di Kabupaten Yalimo.
Disamping kegiatan fisik dan non fisik, dalam operasi Teritorial menyelengarakan pula kegiatan karya bakti dengan tujuan untuk menciptakan sinergitas TNI dan rakyat dalam pembangunan infrastruktur yang di sertai dengan pembagian paket sembako sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat yang membutuhkan bahan makanan bagi kesejahteraan masyarakat.(res)

About Odeodata H Julia

Related Articles

Satgas Pamtas Yonif PR 501/Kostrad Bangun Sarana PLTA

10 hours ago

Pilkada Susulan di Kabupaten Paniai Berjalan Aman

3 days ago

Polsek KP3 Bandara Wamena, Amankan Pegawai Avsec Bandara Sentani

3 days ago

Sumber: Google News | Liputan 24 Elelim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »