www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport

Posted by On 12:44 AM

Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport

detikFinance / Energi / Detail Berita Follow detikFinance Jumat, 13 Jul 2018 13:09 WIB Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance Foto: IstimewaFoto: Istimewa FOKUS BERITA Sah! RI Caplok Freeport Jakarta - Proses pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) hingga 51% telah dimulai. Hal ini ditandai dengan penandatangan Head of Agreement (HoA) dalam rangka pengambilalihan saham PTFI kemarin.
Namun, patut diketahui adanya PTFI di Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Adanya PTFI tak lepas dari penemuan salah satu satu tambang terbesar di dunia tersebut. Bagaimana ceritanya?
Hal itu bermula dari kejengkelan Jean Jacques Dozy yang saat itu membaca berita dari sebuah surat kabar. Saat itu, Dozy sedang berada di markas Nederlandsche Nieuw Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM), Babo, Papua Barat, pertengahan 1936.
Hal yang membuat jengkel Dozy kala itu ialah berita jika Jepang ingin mendaki Puncak Cartensz di Papua Barat. Kejengkelan itu beralasan, jika orang Jepang menjadi yang pertama mencapai Puncak Cartensz, bisa dipastikan mereka akan memperluas wilayah jajahannya.
Dia bersama dua rekannya, AH Colijn dan Franz Wissel tak ingin hal itu sampai terjadi.
"Sehingga disepakati bahwa mereka sebagai orang Belanda harus menjadi orang pertama yang mendaki Gunung Cartensz," kata Greg Poulgrain dalam buku karyanya 'The Incubus of Intervention, Conflicting Indonesia Strategies of John F Kennedy and Allen Dulles' seperti pernah dikutip detikcom, Rabu (5/9/2017).
Dozy bekerja di NNGPM sebagai kepala ahli geologi minyak dan bumi. Sementara, Colijn adalah manajer anak perusahaan Royal Ducth Shell yang dalam ekspedisi ke Puncak Cartensz ditetapkan sebagai pemimpin rombongan.
Lalu, Wissel merupakan pilot angkatan laut Belanda yang kemudian bekerja di Perusahaan Minyak Batavia atau Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM). Dia ditempatkan di Kalimantan untuk melakukan pemetaan udara. Sebelum ekspedisi, terlebih dahulu dilakukan survei udara. Jalur ekspedisi direncanakan dari pesawat.
"Suatu hari ketika kami mendapat pesawat udara amfibi tua jenis Sikorsky, kami melakukan penerbangan pengintaian dan melihat pegunungan, dan perlahan-lahan, satu per satu rencana mulai dikembangkan," kata Dozy kepada Poulgrain pada 1982.
Pada 23 Oktober 1936, Colijn dan Dozy meninggalkan Babo dengan Kapal Albatros menuju Aika, wilayah terisolir yang menjadi gudang Timah. Sementara Wissel menerjunkan pasokan logistik di Aika dengan dibantu sejumlah kuli pengangkut barang.
Mereka bertiga kemudian mendaki Puncak Cartensz. Ada 38 orang dari Kalimantan yang menemani ketiganya. Namun hanya beberapa yang kuat bertahan karena memang medan yang terjal.
Di ketinggian 4.000 meter, ketiganya yakni Dozi, Colijn dan Wissel mencapai padang rumput sesuai dengan yang mereka lihat saat survei melalui udara.
"Di situlah Dozy menemukan singkapan pegunungan yang dinamai Erstberg," tulis Poulgrain.
Kepada Poulgrain, Dozy mengatakan bahwa, tidak ada batu lain di Erstberg kecuali bijih. Dalam kondisi basah dan dingin di ketinggian itu, bau bij ih bisa dirasakan hingga di seluruh pedesaan bahkan saat gunung belum terlihat.
Sekitar dua kilometer dari Erstberg, Dozy dan kawan-kawan menemukan Gerstberg yang kemudian digambarkan sebagai tempat penyimpanan emas terbesar di dunia. Pada 5 Desember 1936 mereka bertiga mencapai Puncak Cartensz.
Selanjutnya, mereka kembali di Babo tepat pada 25 Desember 1936. Hasil temuan Dozy, Colijn dan Wissel tersebut kemudian disusun dalam sebuah laporan yang disimpan di salah satu perpustakaan di Belanda. Petinggi pemerintah Belanda maupun elite perusahaan minyak kala itu menyimpan rapat-rapat temuan tersebut.
Hingga pada 1959 Direktur Eksplorasi Freeport Sulphur Company, Forbes Wilson bertemu dengan Jan Van Gruisen, Managing Director Oost Maatchappij, perusahaan Belanda yang mengeksploitasi batu bara di Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara.
Tonton juga 'RI Siap Lahap 51% Saham Freeport, Jokowi Curhat Alotnya Negosiasi':

Setahun kemudian Freeport melakukan ekspedisi ke Cartensz dipimpin Forbes Wilson & Del Flint. Mereka menjelajah Ertsberg. Wilson menuangkan hasil survei tersebut dalam buku berjudul, 'The Conquest of Cooper Mountain'.
Menurut Poulgrain pengakuan bahwa Freeport mendapatkan laporan Dozy soal emas Papua dari perpustakaan di Belanda tidak benar.
"Orang yang membuat Forbes Wilson tertarik dengan temuan Dozy ya keluarga dekat Dozy," kata dia saat bedah bukunya tersebut di Kantor LIPI, jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (5/9/2017).
Tahun 1967 pemerintah Indonesia dan Freeport Sulphur, yang kini menjadi Freeport McMoran menandatangani kontrak karya pertambangan pertama. Freeport mendapat hak melakukan penambangan di Irian Barat.

Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport
(ara/ara) FOKUS BERITA Sah! RI Caplok Freeport Berita Terkait
  • Benarkah RI Sudah Kuasai 51% Saham Freeport?
  • Jokowi Cerita Perjuangan RI Rebut 51% Saham Freeport
  • Fakta di Balik Pulangnya 51% Saham Freeport ke Pemerintah RI
  • Mau Caplok Saham Freeport, Inalum Ditawari Utang Rp 72,8 T
  • Sepakat Lepas 51% Saham, Ini Pernyataan Bos Besar Freeport
  • Operasi Freeport di Papua Bisa Diperpanjang hingga 2041
  • Pemerintah Tak Akan Persulit Ekspor Freeport Asal Patuhi Hal Ini
  • Apa Untungnya RI Caplok 51% Saham Freeport?
Baca Juga detikNews Bela Amien soal Pekok, Politikus PAN Minta UU Migas Direvisi

Bela Amien soal 'Pekok', Politikus PAN Minta UU Migas Direvisi

detikNews Ucapan Amien Rais Soal Pekok Bikin Kaget NasDem

Ucapan Amien Rais Soal 'Pekok' Bikin Kaget NasDem

detikNews PPP ke Amien Rais: Pekok Itu Kalau Asal Bunyi Tanpa Lihat Data

PPP ke Amien Rais: Pekok Itu Kalau Asal Bunyi Tanpa Lihat Data

detikNews Aksi May Day, Eks Buruh Freeport Minta PHK Sepihak Diusut

Aksi May Day, Eks Buruh Freeport Minta PHK Sepihak Diusut

detikNews 4 Alasan MA Hapus Pajak Air Freeport Rp 3,9 Triliun

4 Alasan MA Hapus Pajak Air Freeport Rp 3,9 Triliun

detikNews Made Oka Bantah Kirim Duit ke Puan, PDIP: Novanto Tak Bisa Dipercaya

Mad e Oka Bantah Kirim Duit ke Puan, PDIP: Novanto Tak Bisa Dipercaya

detikNews Menteri Jonan dan Bos Freeport Rapat Tertutup dengan DPR

Menteri Jonan dan Bos Freeport Rapat Tertutup dengan DPR

Sepakbola Persipura Diguyur Bonus Rp 1 M

Persipura Diguyur Bonus Rp 1 M

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com News Feed
  • Rumah Super Canggih Mantan Bos IBM Dijual Rp 56 M Foto Bisnis

    Rumah Super Canggih Mantan Bos IBM Dijual Rp 56 M

    Jumat, 13 Jul 2018 13:32 WIB John R. Patrick, eks wakil presiden IBM menjual rumahnya yang super canggih seluas 632 meter persegi. Intip kecanggihannya.
  • Mereka yang Pernah Serang Susi, dari Cak Imin hingga Fahri Hamzah

    Mereka yang Pernah 'Serang' Susi, dari Cak Imin hingga Fahri Hamzah

    Jumat, 13 Jul 2018 13:19 WIB Meski sering dipuji atas keberaniannya mengusir kapal-kapal pencuri ikan d ari laut Indonesia, namun tak sedikit pula serangan ditujukan ke Susi Pudjiastuti.
  • Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS, Berapa Kuotanya?

    Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS, Berapa Kuotanya?

    Jumat, 13 Jul 2018 13:14 WIB Pemerintah bakal membuka jalur prioritas untuk para diaspora atau anak bangsa yang berkarir di luar negeri dalam seleksi pembukaan lowongan CPNS 2018
  • Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport

    Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport

    Jumat, 13 Jul 2018 13:09 WIB Adanya PTFI tak lepas dari penemuan salah satu satu tambang terbesar di dunia tersebut. Bagaimana ceritanya?
  • Duh, Harga Telur Ayam Masih Tinggi

    Duh, Harga Telur Ayam Masih Tinggi

    Jumat, 13 Jul 2018 13:03 WIB Harga telur ayam masih tinggi. Di Pasar Senen telur ayam dibanderol Rp 28.000/kg, sedangkan di Pasar Gondangdia telur ayam dijual Rp 29.000/kg.
  • RI Caplok Saham Freeport, Saham-saham BUMN Tambang Kompak Menguat

    RI Caplok Saham Freeport, Sa ham-saham BUMN Tambang Kompak Menguat

    Jumat, 13 Jul 2018 11:49 WIB Pemerintah akhirnya telah mencapai kesepakatan untuk membeli 51% saham Freeport. Hal itu memberi dampak ke saha-saham BUMN tambang di pasar modal.
  • Benarkah RI Sudah Kuasai 51% Saham Freeport?

    Benarkah RI Sudah Kuasai 51% Saham Freeport?

    Jumat, 13 Jul 2018 11:34 WIB PT Inalum (Persero) dan Freeport McMoran (FCX) selaku induk dari PT Freeport Indonesia (PTFI) sudah menandatangani Head of Agreement (HoA). Begini faktanya.
  • Sempat Molor, Progres Tol Desari Seksi I Kini Sudah 99%

    Sempat Molor, Progres Tol Desari Seksi I Kini Sudah 99%

    Jumat, 13 Jul 2018 11:27 WIB "Secara mayor jalan Tol Desari sudah selesai, hanya tinggal yang minor-minor saja, akhir bulan Juli diharapkan selesai semua,"
  • Keren, Potret 10 Tambang Emas Terbesar di Dunia Foto Bisnis

    Keren, Potret 10 Tambang Emas Terbesar di Dunia

    Jumat, 13 Jul 2018 11:23 WIB Tambang emas Freeport di Papua jadi salah satu yang terbesar di dunia. Ini daftar 10 tambang emas terbesar di dunia.
  • Bangun Mal hingga Sekolah, James Riady Raih Penghargaan Pe   mprov NTT

    Bangun Mal hingga Sekolah, James Riady Raih Penghargaan Pemprov NTT

    Jumat, 13 Jul 2018 11:20 WIB Chairman Lippo Group, James Riady, menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Bangun Transmart di Kupang, CT Dapat Penghargaan Pemprov NTT

    Bangun Transmart di Kupang, CT Dapat Penghargaan Pemprov NTT

    Jumat, 13 Jul 2018 11:15 WIB Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Perusahaan Film Milik Punjabi Tawarkan Saham Rp 210/Lembar

    Perusahaan Film Milik Punjabi Tawarkan Saham Rp 210/Lembar

    Jumat, 13 Jul 2018 11:03 WIB Perusahaan rumah produksi film milik keluarga Punjabi akan melepas 19,45% saham dari modal yang disetor penuh ke pasar modal.
BERITA TERBARU +
  • Rumah Super Canggih Mantan Bos IBM Dijual Rp 56 M

    Rumah Super Canggih Mantan Bos IBM Dijual Rp 56 M Jumat, 13 Jul 2018 13:32 WIB

  • Mereka yang Pernah Serang Susi, dari Cak Imin hingga Fahri Hamzah

    Mereka yang Pernah 'Serang' Susi, dari Cak Imin hingga Fahri Hamzah Jumat, 13 Jul 2018 13:19 WIB

  • Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS, Berapa Kuotanya?

    Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS, Berapa Kuotanya? Jumat, 13 Jul 2018 13:14 WIB

  • Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papu   a dan Masuknya Freeport

    Kisah Pertama Kali Emas Ditemukan di Papua dan Masuknya Freeport Jumat, 13 Jul 2018 13:09 WIB

Most
Popular Most
Popular Sumber: Berita Papua

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »