www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bulan Darah di Langit Tanah Suci

Posted by On 8:17 PM

Bulan Darah di Langit Tanah Suci

Home > Berita Bulan Darah di Langit Tanah Suci Sabtu , 28 July 2018, 10:48 WIB
Republika/Wisnu Aji Prasetiyo Penampakan gerhana bulan, Super Blue Blood Moon

Laporan Wartawan Republika.co.id, Erdy Nasrul dari Makkah

IHRAM.CO.ID, Dini hari tadi, menjadi sangat spesial bagi Muslim di Makkah, Tanah Suci yang menjadi tempat para nabi berdakwah. Langit menampakkan rembulan merah darah. Menara Zamzam dengan lambang bulan sabit tetap berdiri tegak. Lampu di bagian atasnya tetap menyala menampakkan ayat Alquran dan doa keselamatan untuk Rasulullah.

Sementara di bawahnya, Masjidil Haram, tetap dipenuhi jamaah haji bertawaf. Ratusan ribu jamaah dari berbagai negara melepas kerinduannya kepada baitullah dengan bermunajat dalam keramaian pemohon ampunan.

Masyarakat di sekitar Masjidil Haram tetap beraktivitas seperti biasa. Sejak sore hari, masyarakat meramaikan area masjid suci. Mereka tak hanya beribadah, tapi juga berbelanja di pusat jual-beli Menara Zamzam.

Ratusan gerai menjual berbagai komoditas, seperti kuliner, toko serba ada, busana, kartu perdana, ponsel, dan banyak lagi. Jamaah haji yang sudah sering mengunjungi Makkah tak lagi asing dengan daerah tersebut. Dengan berpakaian ihram mereka memasuki area pusat perbelanjaan tadi sekadar untuk melihat dagangan.

Beberapa saat kemudian mereka menyaksikan dengan mata kepala peristiwa yang langka sepanjang 80-an tahun terakhir, gerhana bulan total. Ini adalah peristiwa alam yang terjadi saat bumi berada di pertengahan antara bulan dan matahari. Sebagian wilayah bumi dapat menyaksikan peristiwa langka tersebut.

Kantor berita Al-Arabiya menyebutkan para ahli falak menilai sunnatullah ini terjadi lebih panjang bila dibandingkan peristiwa yang sama sejak puluhan tahun lalu. Masyarakat dapat menyaksikan gerhana ini dalam tiga tahapan: gerhana sebagian, total, dan kembali menjadi gerhana sebagian.

Pada saat gerhana total, warna bulan menjadi merah seperti darah. Di sinilah masyarakat luas akan mengamati peristiwa alam ini. Setelah itu bulan tak lagi memerah. Posisi bulan, bumi, dan matahari, tak lagi sejajar.

Kepala Daerah Kerja Makkah (Kadaker) Dr Endang Jumali menjelaskan momentum gerhana bulan total dapat dimanfaatkan jamaah beribadah. Mereka dapat melangsungkan shalat gerhana bulan (khusuf). “Silakan manfaatkan momentum itu untuk beribadah,” ujar Dr Endang beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga mengimbau jamaah haji untuk tidak melakukan hal-hal di luar ketentuan ajaran Islam saat terjadi peristiwa alam itu. Mereka harus menaati dan mengikuti tradisi Arab Saudi yang memiliki kekhasan dalam menerapkan ajaran Islam.

Nabi SAW memberi tuntunan shalat gerhana untuk menepis anggapan gerhana terjadi karena seseorang meninggal dunia. Dari al-Mughirah Ibn Syu'bah Ra, ia berkata, Terjadi gerhana matahari pada hari meninggalnya Ibrahim.

Lalu, ada orang yang mengatakan gerhana itu karena meninggalnya Ibrahim. Maka, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda kebesaran Allah. Tidak akan terj adi gerhana karena mati atau hidupnya seseorang. Apabila kamu melihat hal itu, maka berdoalah kepada Allah dan kerjakan shalat sampai matahari itu terang (selesai gerhana).” (HR al-Bukhari).

Istilah gerhana dalam beberapa hadis disebut dengan kusuf atau khusuf. Majelis Tarjih Muhammadiyah menulis, kedua istilah ini dalam hadis dapat dipertukarkan penggunaannya. Hanya, dalam literatur fikih, kata kusuf digunakan untuk menyebut gerhana matahari dan khusuf untuk menyebut gerhana bulan.

Redaktur : Andi Nur Aminah
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
'); }) window.fbAsyncInit = function() { FB.Event.subscribe('comment.create', function (response) { $.ajax({ url: "http://www.republika.co.id/ajax/set_commenter/pck58y384", type: 'POST' }); console.log('create', response); }); FB.Event.subscribe('comment.remove', function (response) { $.ajax({ url: "http://www.republika.co.id/ajax/set_commenter/pck58y384/remove", type: 'POST' }); console.log('remove', response); }); }; Arab Saudi Menyambut Kedatangan Jamaah Haji Qatar Selasa , 17 July 2018, 12:32 WIB Peminat Pekerja Musiman Haji Bisa Daftar di Portal Ajeer Selasa , 17 July 2018, 12:16 WIB Pesawat Angkutan Jamaah Embarkasi Palembang Sudah Tiba Selasa , 17 July 2018, 13:05 WIB Garuda Tambah Awak Kabin untuk Layani Penerbangan Haji Selasa , 17 July 2018, 11:56 WIB Petugas Sita Kerikil Hingga Palu dari Jamaah Haji Selasa , 17 July 2018, 11:32 WIB

Hot Topic

Sumber: Google News | Liputan 24 Tanah Merah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »