GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Unggah berita hoaks mutilasi, pegawai Lapas Timika diciduk polisi

Unggah berita hoaks mutilasi, pegawai Lapas Timika diciduk polisi

Merdeka > Peristiwa …

Unggah berita hoaks mutilasi, pegawai Lapas Timika diciduk polisi

Merdeka > Peristiwa Unggah berita hoaks mutilasi, pegawai Lapas Timika diciduk polisi Sabtu, 24 Maret 2018 11:36 Reporter : Iqbal Fadil Ilustrasi berita Hoax. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Timika berinisial BRR menjalani pemeriksaan intensif di Satuan Reskrim Polres Mimika lantaran menyebarkan berita palsu (hoak s) melalui akun media soal Facebook.

BERITA TERKAIT
  • Jokowi: Jangan sampai umat Islam di Indonesia terjebak fitnah dan hasutan kebencian
  • Polri soal isu telur palsu: Masalah pangan bisa runtuhkan negara
  • Polri duga ada agenda terselubung di balik isu telur palsu

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Rudi Priyosantoso, mengatakan pemilik akun facebook 'Jilberth Kemss' itu dibekuk pada Selasa (20/3), setelah diketahui mengunggah berita bohong berupa gambar kekerasan (mutilasi). Padahal kenyataannya potongan gambar dari peristiwa yang diunggah itu tidak terjadi di Timika.

"Tersangka sudah kami tahan di ruang tahanan Polres Mimika," kata Priyosantoso seperti dikutip Antara, Sabtu (24/3).

Sebelumnya, penyidik Polres Mimika telah berkoordinasi dengan Kepala Lapas Timika Marojahan Doloksaribu untuk menangkap tersangka BRR lantaran terjerat pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

Terkait kasus tersebut, Polres Mimika mengingatkan masyarakat terutama pengguna media sosial agar lebih berhati-hati mengunggah konten gambar ataupun tulisan yang tidak benar karena dapat menimbulkan keresahan bagi orang lain.

"Kalau mau menyebar apapun ke media sosial, harus dipikirkan dengan matang dampaknya, kemudian kebenaran dan faktanya. Data yang diunggah terlebih adalah dahulu dilakukan verifikasi soal benar atau tidaknya data itu sehingga tidak menimbulkan penyesatan bagi orang lain yang membaca," ujar Priyosantoso.

Sejumlah potongan gambar sadis korban mutilasi diunggah melalui akun facebook Jilberth Kemss pada 15 Maret 2018 sekitar pukul 15.00 WIT.

Bersamaan dengan peristiwa itu, terjadi sejumlah kasus pembunuhan di Kota Timika terkait konflik antarkelompok suku-suku pegunungan tengah Papua di Kwamki Lama.

Setelah mengetahui postingan berita hoaks tersebut, pada Senin (19/3) sekitar pukul 17.00 WIT, tim gabungan Polres Mimika dipi mpin langsung AKP Rudi Priyosantoso mendatangi perumahan Lapas Kelas IIB Timika dan menemukan pelaku.

"Tim menanyakan terkait postingan kekerasan tersebut dan diakui oleh pelaku bahwa benar yang bersangkutan telah memposting gambar tersebut di facebook pribadinya atas nama Jilberth Kemss," jelas Priyosantoso. [bal]


Topik berita Terkait:
  1. Berita Hoax
  2. Mimika
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Pimpin apel kesetiaan ribuan Banser, Gus Ipul: Patuh Pada Kiai Adalah Harga Mati

  • Polisi tunda usut perkara dugaan korupsi calon kepala daerah di NTB

  • Dedi Mulyadi wacanakan program subsidi kontrakan di Jabar

Rekomendasi

Sumber: Google News | Liputan 24 Timika

No comments