Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sarana Air Bersih dan Pembangunan Gedung Serbaguna di ...

Posted by On 4:19 PM

Sarana Air Bersih dan Pembangunan Gedung Serbaguna di ...

Home / Pemerintahan / Sarana Air Bersih dan Pembangunan Gedung Serbaguna di Kedungkandang Digelontor Anggaran Rp 18 Miliar Sarana Air Bersih dan Pembangunan Gedung Serbaguna di Kedungkandang Digelontor Anggaran Rp 18 Miliar Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso (tengah) bersama jajaran kepala bidang serta Camat Kedungkandang Pent Haryono saat paparan rencana pengerjaan proyek infrastruktur. (Foto: Dokumen MalangTIMES) Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso (ten gah) bersama jajaran kepala bidang serta Camat Kedungkandang Pent Haryono saat paparan rencana pengerjaan proyek infrastruktur. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG â€" Penyediaan air bersih menjadi salah satu program utama Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam penuntasan program 100-0-100.

Pada tahun anggaran 2018 ini, pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang menggelontor anggaran sebesar Rp 18 miliar untuk wilayah Kecamatan Kedungkandang. Salah satunya untuk pembangunan sarana air bersih.

Untuk Kelurahan Tlogowaru, pembangunan sarana dan prasarana air minum diberi pagu anggaran Rp 1,3 miliar. Rencananya proyek tersebut akan dikerjakan di wilayah RW 04. Pembangunan sumur air bersih juga bakal dikerjakan di wilayah RW 04 Kelurahan Kedungkandang dengan dana sekitar Rp 1 miliar.

Selain itu, masalah gedung serbaguna yang bi asa digunakan masyarakat untuk pertemuan dan kegiatan lain juga banyak diprogramkan. Di antaranya di RW 02 Kelurahan Bumiayu Rp 474 juta dan di RW 02 Kelurahan Kotalama Rp 737 juta.

Ditambah lagi beberapa proyek besar, misalnya pengembangan Jalan Danau Tigi Rp 2 miliar, Jalan Raya Sawojajar Rp 2,1 miliar, serta pembangunan Jembatan Amprong senilai Rp 4,6 miliar.

Jelang realisasi pengerjaan fisik proyek-proyek itu, siang ini (15/5/2018) digelar dialog dan sosialisasi kegiatan fisik di aula Kecamatan Kedungkandang. Dialog dipimpin langsung oleh Camat Kedungkandang Pent Haryono, Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso, Kabid AMAL Yuni Lestari, Kabid SDA dan Drainase Bambang Nugroho, serta Kabid Bina Marga Didik Setyanto. Sebagai peserta, tampak seluruh jajaran lurah-lurah di wilayah tersebut, LPMK, BKM, serta tokoh masyarakat setempat.

Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso mengungkapkan, pertemuan tersebut untuk menerangkan pada masyarakat soal proyek yang bakal dikerjakan.

"Dialog dan sosialisasi ini merupakan salah satu implementasi penyelarasan perencanaan teknokratis oleh Pemkot Malang dengan partisipasi masyarakat. Apalagi ada beberapa pekerjaan fifik yang telah melalui proses dan akan mulai digarap Mei ini," ungkap Soni, sapaan akrabnya.

Selain itu, lanjut Soni, paparan tersebut dinilai penting agar masyarakat tahu jika ada kegiatan pembangunan di wilayahnya. "Ada batas-batas pengerjaan yang mengenai lahan warga, misalnya, orangnya kami minta diundang untuk mendapat penjelasan. Sehingga tidak ada kesan kalau pemkot asal membangun," tegasnya.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur itu sebagian besar merupakan usulan masyarakat melalui Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Baik yang diusulkan oleh warga dari tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota pada 2017 la lu.

"Pada triwulan pertama 2018, persiapan administrasi proyek sebelum naik lelang kami selesaikan," tegasnya.

Meski demikian, lanjut Soni, sebagian kegiatan yang menggunakan skema penunjukan langsung (PL) sudah mulai dilakukan. Misalnya kegiatan pemeliharaan rutin, perbaikan insidentil, hingga tambal sulam jalan dan drainase. Sebab jika menggunakan sistem PL, pengerjaan tidak perlu baik lelang karena nilai proyeknya kurang dari Rp 200 juta.

Selain itu, tujuan dari pemaparan dan pertemuan dengan warga ini merupakan upaya dari DPUPR untuk memberitahu pembangunan di wilayah mereka, serta mengajak peran aktif warga dengan pihak Pemkot Malang.

"Kami ingin menggandeng warga biar mereka juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan, baik itu dalam pengawasan, penjagaan maupun perawatan, biar mutu pembangunan semakin baik sesuai standart teknis, dan mereka bisa mengerti serta punya rasa memiliki," tegasnya.

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES
  • Ada Orang Kuat di Videotron Jalan Ijen
  • Pemandu Lagu Kota Malang Diincar Petugas Pajak
  • BP2D Kota malang
  • Bank Jatim Blitar
  • Kodim-Blitar
← Berita Sebelumnya Berdoa Agar Indonesia Damai, Tokoh Lintas Agama di Jember Berkumpul di Pendopo Kabupaten Berita Selanjutnya â†' Dewanti Sarankan Penggunaan Dana Desa 30 Persen Untuk Upah Warga Setempat
  • Kepala Desa Oro-Oro Ombo Wiwiko saat bertanya kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Graha Pancasila, Balai Among Tani, Selasa (15/5/2018). (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)

    Dewanti Sarankan Penggunaan Dana Desa 30 Persen Untuk Upah Warga Setempat

  • Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi saat memberikan paket bantuan sembako bagi warga binaan Kampung Seribu Topeng Desaku Menanti jelang memasuki bulan suci Ramadhan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

    Jelang Ramadhan, 33 KK Warga Kampung Seribu Topeng Dapat Bantuan Sembako

  • Eko Harnanto, Kasi Perlindungan dan Pemulihan Kerusakan Lingkungan DLH Kabupaten Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

    DLH Kabupaten Blitar Gunakan Dana Cukai Tembakau Untuk Pengelolaan Sampah

  • Deklarasi ODF Pringsewu, Lampung, yang dihadiri Kadis PKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat. (Wahyu for MalangTIMES)

    Ini Jihad yang Patut Dicontoh dan Dimasifkan

  • Plt Kepala Disperkim Kota Malang Diah Kusumadewi bersama Kepala UPT TPU Taqroni Akbar mencoba armada mobil tangki baru. (Disperkim)

    Dukung Grave Go Green Plus, UPT TPU Tambah "Pasukan Baru"

  • Manap, Kepala KPLP Lapas Tulungagung (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

    Bom Surabaya, Adik Abu Bakar Ba'asyir Sedih

    Dita Supriyanto dan Anton F pelaku bom gereja di Surabaya dan Sidoarjo, pernah berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Tulungagung membesuk narapidana teroris Noim Baasyir. Setidaknya, Dita dan Anton telah dua kali berkunjung ke Lapas Tulungagung sebelum ter

  • Kepala Desa Oro-Oro Ombo Wiwiko saat bertanya kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Graha Pancasila, Balai    Among Tani, Selasa (15/5/2018). (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)

    Dewanti Sarankan Penggunaan Dana Desa 30 Persen Untuk Upah Warga Setempat

    Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2018 untuk 19 desa di Kota Batu terus menjadi perhatian Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Seperti halnya saat memberikan Pengarahan Pengelolaan DD di Graha Pancasila, Balai Among Tani, Selasa (15/5/2018), Dewanti meminta 30 per

  • Foto ilustrasi

    Pria Ini Curi Pakaian Dalam Wanita Untuk Fantasi

    Gara-gara terangsang melihat pakaian dalam tetangganya, Ahmad Fauzi, (28), warga Jl. Ikan Hiu, nomor 49, Kelurahan Kertosari, Banyuwangi harus berurusan dengan aparat Kepolisian. Sebab pria ini nekad mencuri pakaian dalam milik Yeni Ekasari, (23), warga D

  • Ilustrasi (riaupost.co)

    Kebut Perbaikan Jalan Sebelum Lebaran

    Proyek perbaikan jalan dan jembatan di Kabupaten Blitar agak sedikit terhambat. Meski demikian Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya keras supaya proyek tersebut dapat segera dikerjakan secepatnya.

  • Pjs Wali Kota Malang Wahid Wah   yudi saat memberikan paket bantuan sembako bagi warga binaan Kampung Seribu Topeng Desaku Menanti jelang memasuki bulan suci Ramadhan. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

    Jelang Ramadhan, 33 KK Warga Kampung Seribu Topeng Dapat Bantuan Sembako

    Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang mendistribusikan paket sembako bagi 35 kepala keluarga (KK) mantan gelandangan dan pengemis (gepeng) di Desaku Menanti, Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru yang saat ini lebih dikenal

  • Edi Santosa saat menjelaskan di hearing dengan komisi 2 DPRD Kota Probolinggo (Agus Salam/Jatim TIMES)

    Ayam Langka, Pedagang Wadul Wakil Rakyat

    Pemkot Probolinggo diminta memfasilitasi pedagang ayam pedaging dengan Peternak besar atau penyedia ayam. Sebab, sampai hari ini ayam masih langka, lantaran pedagang ayam besar (Penyuplai) tidak dapat ayam. Stok ayam dibatasi bahkan dikurangi. Para petern

  • Kapolresta gledah barang bawaan mobil boks (Agus Salam/Jatim TIMES)

    Cari Bom, Polisi Probolinggo Geledah Mobil Boks

    Setelah memperketat penjagaan di Mako Polresta, Mapolsek dan sejumlah kantor serta pos polisi Polresta, Selasa (15/3) sekitar pukul 10.00, menggeledah mobil boks. Penggeledahan dilakukan di jalan raya Soekarno-Hatta, tepatnya di depan pabrik kecap. Kelura

  • Didalam boks ini, aki early warning sistem hilang dicuri (Agus Salam/Jatim TIMES)

    Keterlaluan, Maling Embat Lima Aki Tanda Peringatan Dini di Perlintasan KA

    Pengendara yang lewat di perlintasan rel Kereta Api (KA) tanpa palang pintu, hendaknya berhati-hati. Kendati perlintasan sudah dipasangi tanda peringatan dini (Earli Warning System) namun tidak berfungsi. Penyebabnya, aki yang membunyikan sirine menyalaka

  • Viral, Video Anak Boncengan Motor Berenam Bikin Netizen Takut

    Jalanan tidak pernah berhenti menyajikan cerita-cerita yang bikin mata terbelalak. Tidak hanya cerita kecelakaan lalu lintas maupun pelanggaran lalu lintas, tapi juga masih banyak lagi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

  • Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia Yonif 511/DY mengikuti upacara pelepasan di Dermaga Ujung TNI AL Surabaya

    Prajurit Jaga Perbatasan Kalimantan-Malaysia Dilepas

    Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI A rif Rahman melepas prajurit Yonif 511/DY yang akan berangkat tugas sebagai Satgas Pamtas Darat RI-Malaysia. Pelepasan prajurit dilangsungkan di Dermaga Ujung TNI AL Surabaya, Jawa Timur, Selasa (15/5/18).

  • Mahasiswi Universitas Brawijaya Ivon Martha kenakan aksesori berupa syal (foto: istimewa)

    Untuk Aksesori, Hijabers Bisa Pilih Kenakan Ini

    Bulan Ramadan hanya menunggu hitungan hari saja. Menyambut bulan suci Ramadhan bisanya tidak saja disibukkan dengan aneka makanan khas. Tetapi mode busana terutama bagi muslimah tak luput dari perhatian.

  • Ilustrasi (equator.com)

    Dewan Dukung Raperda Kearsipan Daerah Blitar

    Pengelolaan arsip daerah Kabupaten Blitar masih dianggap kurang optimal. Karena itulah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar mengajukan rancangan peraturan daerah (Ranperda).

Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
  • Follow @jatimtimes
TopSumber: Google News | Liputan 24 Tigi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »